Cara Mengaktifkan Akun Pembelajaran Belajar.id

Cara Mengaktifkan Akun Pembelajaran Belajar.id, cukup mudah dilakukan para tenaga pendidikk dan peserta didik agar dapatnya dijadikan sebagai media belajar/media layanan dalam mengakses pembelajaran berbasis elektronik secara mudah dan gratis.

Program layanan ini merupakan hasil karya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Pusat Data dan Teknologi Informasi (PUSDATIN) yang akan memberikan kemudahan dan kenyamanan pelayanan akses pembelajaran berbasis elektcronik melalui aplikasi belajar bernama belajar.id

Akun pembelajaran ini memang sengaja digagas untuk memberikan dukungan pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik dengan mengusung konsep pembelajaran dari rumah. 

Aplikasi belajar.id dapat digunakan oleh pendidik, tenaga kependidikan dan siswa-siswi semua jenjang yakni dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK.

Baca Juga: Informasi Terbaru Terkait Pemberkasan Penetapan Nomor Induk P3K Tahap 1

Adapun pihak lain yang juga dapat mengakses layanan akun belajar pada menu belajar.id ini adalah sebagai berikut:

-  Seluruh siswa-siswi Sekolah Dasar/SD dan Program Paket A yakni kelas 5 dan kelas 6,

-  Jenjang SMP Kelas 7, 8, 9 dan Program Paket B

-  Pada jenjang SMA kelas 10 ,11 dan 12 dan Program Paket C

-  Untuk jenjang SMK yakni kelas 10, 12, 13 dan SLB kelas 5 sampai 12

-  Guru dan Tenaga Kependidikan yang ada di lembaga/satuan tingkat pendidikan meliputi kepala sekolah, dan operator sekolah.

Perlu Bapak/Ibu ketahui bersama bahwa akun pembelajaran belajar.id ini bersifat opsional. Jadi apabila aplikasi belajar tidak diakses sampai batas waktu yang telaah ditentukan pertanggal 30 Juni 2021, maka aplikasi ini secara otomatis akan dinonaktifkan.

Aplikasi aplikasi belajar ini berbentuk akun google dengan domain @belajar.id. Jadi  secara otomatis dapat menggunakan program G suite for education dengan sistem pembelajaran bersifat gratis alias bebas biaya saat Bapak/Ibu guru membuat akunnya. 

Anda tidak perlu ragu berselancar sambil belajar menggunakan aplikasi ini, meskipun jutaan akun yang dikelola google memiliki tingkat keamanan yang baik dan tinggi. Apalagi layanan pembelajaran belajar.id ini dapat digunakan untuk mengakses layanan yang dimiliki oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan seperti hal rumah belajar dan lain sebagainya

Cara Mudah Mengaktifkan Akun Pembelajaran Belajar.id

Langsung saja Berikut Cara Mudah Mengaktifkan Akun Pembelajaran Belajar.id

1. Cara pertama adalah Silahkan Anda hubungi teman sejawat yang bekerja dibagian Operator satuan pendidikan dan masuk ke laman pd.data.kemdikbud.go.id

Baca Juga: Download Informasi Persiapan Seleksi Guru P3K

2. Lalu login mengunakan akun yang sudah terdaftar pada sdm.data.kemdikbud.go.id dan mulai menjelajah/masuk pada laman tersebut.

3. Pilihlah tombol Unduh Akun untuk mendownload dokumen CSV dimana fitur ini berisi tentang user id (daftar nama akun) masuk dan ketikkan password pembelajaran di satuan pendidikan tempat masing-masing/yang bersangkutan

4. Apabila akun sudah berhasil di download, langkah selanjutnya adalah bagikan akun pembelajaran kepada masing-masing pengguna baik guru ataupun siswa pada akun pembelajaran di satuan pendidikan/tempat bertugas. 

5. Jika akan melakukan aktivasi akun pembelajaran, maka Anda/pengguna harus menggunakan user idan password akun pembelajaran untuk login pada laman mail.google.com. 

6. Silahkan klik setujui bahwa pengguna menyetujui syarat dan ketentuan penggunaan yang berlaku

7. Silahkan kunjungi akun pembelajaran tersebut dan ganti password akun pembelajaran belajar.id. Gunakan password yang sekiranya mudah diingat 

Selengkapnya bisa Anda kungungi laman resmi belajar.id pada laman http://belajar.id/

Itulah Cara Mudah Mengaktifkan Akun Pembelajaran di Belajar.id yang dapat kami bagikan kehadapan Anda dan selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengaktifkan Akun Pembelajaran Belajar.id"

Posting Komentar