Download RPP Daring 1 Lembar Matematika, Bab 1 Kelas 6 Semester 1

Download RPP Daring 1 Lembar Matematika, Bab 1 Kelas 6 Semester 1, mulai dari Pertemuan 1 sampai dengan Pertemuan 5 pada laman pendidikanterkini dibawah ini. RPP Daring Matematika kelas 6 Kurikulum 2013 ini, nantinya bisa Anda unduh secara gratis dalam format word.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Daring 1 Lembar SD/MI Kelas 6 Semester 1, yang kami sajikan ini bisa rekan-rekan guru jadikan contoh/bahan referensi dalam menyusun RPP sebelum mengajar, dan disesuaikan dengan situasi dan kondisi di sekolah masing-masing.

RPP Daring 1 lembar Matematika merupakan administrasi mutlak dan hukumnya sangat wajib yang harus dimiliki dan dibuat oleh guru saat akan melakukan proses pembelajaran.

Baca Juga: 

Selain itu, fungsi dan kegunaan RPP juga bisa dijadikan sebagai bahan dokumentasi pribadi dalam hal penilaian kinerja selama melaksanakan proses belajar mengajar dengan sistem Dalam Jaringan (Daring), sehingga bisa dijadikan sebagai acuan/kriteria dasar dalam melakukan penilaian terhadap peserta didik selama mengikuti pelajaran/pemberian tugas belajar. 

Adapun proses penyusunan dan pembuatan RPP Daring 1 Lembar Matematika, Bab 1 Kelas 6 Semester 1 ini. Pertama yang harus disiapkan terlebih dahulu adalah semua administrasi penunjang dan perlengkapan-perlengkapan lain disaat akan mengajar dan saling berkontribusi dengan hasil pengembangan

Download RPP Daring 1 Lembar Matematika, Bab 1 Kelas 6 Semester 1

Semua aktivitas belajar mengajar guru dan siswa, mulai dari tahap awal hingga akhir kegiatan harus tercover dalam RPP/isi dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran agar segala aktivitas yang dilakukan oleh tenaga pendidik dan siswa-siswi sejalan dengan planing dan isi dari rencana pembelajaran tersebut.

Kegunaan lain RPP yakni juga bisa dijadikan sebagai pegangan/tolak ukur guru, tentang sejauh mana bisa mencapai tingkat keberhasilan dalam melakukan aktivitas belajar mengajar.

Baca Juga: Download RPP Daring 1 Lembar SD/MI Kelas 6 Tema 1 Semester 1 Terbaru

Apabila melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rambu-rambu RPP, maka suasana aktivitas belajar mengajar yang dilakukan guru akan lebih mudah dan bisa dikatakan mampu mengolah sistem pembelajaran seefisien mungkin dalam mencapai sebuah Kompetensi dasar.

Ingat RPP Matematika kelas 6 bukan hanya dijadikan sebagai rencana dalam melakukan pembelajaran semata. Akan tetapi juga dijadikan sebagai bahan penilaian siswa dan guru, terhadap segala aktivitas pembelajaran dan akan dilaksanakan selama satu hari/tiap kali pertemuan

Dalam hal merencanakan perencanaan pembelajaran harus tersusun secara benar/terkonsep. Jika hal ini kita lakukan, maka proses kegiatan belajar mengajar dalam sebuah pembelajaran, akan mencapai titik kepuasan antara tenaga pendidik dan peserta didik, sehingga dapat menghasilkan output brilian sesuai dengan harapan guru, siswa dan orang tua.

Secara garis besar, isi cakupan keseluruhan pada RPP 1 Lembar SD/MI Kelas 3 Semester 1, berisi tentang alur atau rincian kegiatan guru selama proses pembelajaran sedang berlangsung dalam satu kali periode/pertemuan/tatap muka dengan mengacu pada media buku Matematika Kurikulum 13 kelas 6 SD/MI revisi terbaru.

Baca Juga: Jurnal Harian Guru PJOK Kelas 1 SD/MI Semester 1 Terkini

Seorang guru/tenaga pendidik harus peka terhadap situasi kondisi siswa-siswi dan lingkungan sekitar, sehingga proses penyampaian materi pembelajaran akan lebih mudah diserap, dimengerti/dicerna oleh peserta didik.

RPP revisi terbaru, bukan berarti diharuskan hanya dibuat satu lembar/1 halaman saja. Lebih pun juga boleh ko’. Dalam artian, Komponen-komponen penting yang akan dimasukkan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, harus menyertakan tiga hal inti pokok dan harus ada dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran tersebut. Ketiga pokok inti ini meliputi: Tujuan pembelajaran, Langkah-langkah dalam Kegiatan pembelajaran dan Asesmen atau penilaian.

Ketiga hal pokok di atas terdapat pada format contoh RPP Daring 1 Lembar Matematika, Bab 1 Kelas 6 Semester 1. Mengenai penjelasannya akan kami jabarkan dibawah agar Bapak/Ibu Guru lebih paham dalam proses pembuatan RPP

1. Tujuan Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran yang dimaksud adalah inti sari/hal pokok yang harus tertanam dalam proses pembuatan RPP. Secara keseluruhan, tujuan dari pembelajaran ini merupakan sebuah gambaran besar yang harus dimiliki oleh guru, baik proses di awal kegiatan, akhir hingga hasil/output dalam kegiatan pembelajaran. Dengan tujuan ini, diharapkan sesuai dengan Kompetensi Dasar dan mudah diserap/bisa dicapai oleh semua peserta didik tentang pemahaman materi yang telah disampaikan oleh guru.

Baca Juga: Download Buku PJOK Kelas 6 SD K13 Terbaru, Buku Guru dan Buku Siswa

Tentunya dari semua tujuan pembelajaran, ditulis dengan mengacu pada Surat Edaran yang telah dikeluarkan oleh Mas Menteri, Bapak Nadiem Makarim.

2. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran yang akan dilakukan adalah tulis dan ramulah seefisien mungkin, baik berupa kegiatan yang dapat dilakukan secara langsung ataupun tidak langsung agar semua Kompetensi Dasar mudah dicapai.

Selama proses kegiatan pembelajaran sedang berlangsung. Lakukan dengan memberikan metode-metode ringan dan mudah dicerna oleh peserta didik. Contoh seperti halnya, menyenangkan, menantang, inspiratif, dan bisa memotivasi semangat belajar para siswa-siswi kelas 6 SD/MI terhadap materi pelajaran yang akan diajarkan

Oleh sebab itu, Kegiatan atau Langkah-langkah Pembelajaran seharusnya diolah semenarik mungkin agar para peserta didik bisa berpartisipasi aktif. Sehingga guru bisa memberikan ruang yang cukup besar bagi kreativitas, dan kemandirian siswa sesuai dengan bakat, dan minat serta perkembangan fisik psikologisnya.

Gambaran luas dalam Kegiatan Pembelajaran ini, berisi tentang tiga kegiatan penting seperti halnya Pendahuluan, Kegiatan Inti, Penutup, Assesment (Penilaian Pembelajaran).

a. Pendahuluan

Untuk melakukan aktivitas Pendahuluan ini, lakukan secara mudah dan singkat, seperti halnya Guru menyapa siswa melalui aplikasi zoom/google class room dan memandu siswa untuk mengawali pembelajaran dengan berdoa. (Religius dan Integritas)

b. Kegiatan Inti

Kegiatan inti  ini merupakan aktivitas pokok dalam pembelajaran. Alangkah lebih baiknya dalam lingkup kegiatan ini, juga menitik beratkan/melibatkan para peserta didik, seperti halnya, mengamati, mencoba, berdiskusi, menyampaikan pendapat, berlatih ataupun mengkomunikasikan kegiatan-kegiatan lain yang sekiranya mampu memacing dan menggugah rasa penasaran/pengetahuan siswa-siswi terhadap materi yang dibahas (diajarkan).

Contoh kecil: Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi Pengenalan Bilangan Bulat dan Konsep Bilangan Negatif melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan)

c. Penutup

Kegiatan penutup/akhir, juga bisa Bapak/Ibu guru melakukannya secara singkat dan sederhana seperti halnya penyampaian tugas materi pembelajaran, refleksi, resume dan doa.

Contoh: Siswa melaporkan semua latihan dan dokumentasi kegiatan hari ini di buku siswa masing-masing, kemudian melaporkan  ke guru dalam bentuk chat, foto, atau rekaman suara. (Variasi Aktivitas)

3. Assesment (Penilaian Pembelajaran)

Setelah melakukan kegiatan Inti dan Penutup, seorang  guru harus melakukan tindakan Assesment (Penilaian Pembelajaran).  Buatlah prosedur penilaian pembelajaran secara mudah dan sederhana dengan tetap memperhatikan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu pada standar penilaian.

Dengan adanya kebijakan mengenai penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Hal ini juga bisa Bapak/Ibu guru buat sebanyak satu halaman saja, sebab dalam penyederhaan RPP 1 lembar, tidak harus membuat form penilaian menjadi beberapa jumlah halaman. Bahkan dalam kegiatan assesmen atau penilaian, juga bisa melakukan bagian lampiran ini dilakukan secara terpisah dari RPP yang dibuat.

Untuk lebh detilnya Download RPP Daring 1 Lembar Matematika, Bab 1 Kelas 6 Semester 1 dibawah ini: 

Download RPP Daring 1 Lembar Matematika, Bab 1 Kelas 6 Semester 1

RPP Daring 1 Lembar Matematika, Bab 1 Kelas 6 Semester 1, Pertemuan 1, DISINI
RPP Daring 1 Lembar Matematika, Bab 1 Kelas 6 Semester 1, Pertemuan 2, DISINI
RPP Daring 1 Lembar Matematika, Bab 1 Kelas 6 Semester 1, Pertemuan 3, DISINI
RPP Daring 1 Lembar Matematika, Bab 1 Kelas 6 Semester 1, Pertemuan 4, DISINI
RPP Daring 1 Lembar Matematika, Bab 1 Kelas 6 Semester 1, Pertemuan 5, DISINI

Perlu Bapak/Ibu Guru ketahui bersama bahwa format RPP Daring 1 Lembar Matematika, Bab 1 Kelas 6 Semester 1 merupakan Contoh dan bisa dirubah atau dikembangkan sendiri, dengan berorientasi pada peserta didik dan mengacu pada situasi dan kondisi ditempat Anda bertugas/mengajar.

Mudah-mudahan pembahasan perihal RPP Daring 1 Lembar Matematika, Bab 1 Kelas 6 Semester 1, bisa membantu Bapak/Ibu Guru dalam mencari referensi/contoh dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Kelas 6. Terima kasih sudah berkunjung ke blog pendidikanterkini. Semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Download RPP Daring 1 Lembar Matematika, Bab 1 Kelas 6 Semester 1"

Posting Komentar