Beranda · Info Pendidika · Adminitrasi · Soal · Buku · Mater

Soal dan Kunci Jawaban PJOK Kelas 4 Semester 1, Materi Gerak Dasar Lokomotor dan Nonlokomotor dalam Seni Bela Diri Pencak Silat

Soal dan Kunci Jawaban PJOK Kelas 4 Semester 1, Materi Gerak Dasar Lokomotor dan Nonlokomotor dalam Seni Bela Diri Pencak Silat, mengacu pada buku pjok kelas 4 edisi terbaru “Aktif Berolahraga” Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan, halaman 73.

Materi Gerak Dasar Lokomotor dan Nonlokomotor dalam Seni Bela Diri Pencak Silat menjelaskan tentang seni bela diri, dimana merupakan salah satu Budaya asli Nusantara. Bela diri/Pencak silat adalah budaya asli Indonesia, memuat nilai-nilai luhur bangsa. Pencak silat hingga saat ini, terus berkembang secara turun-temurun.

Baca Juga: Soal dan Kunci Jawaban PJOK Kelas 4 Semester 1, Materi Variasi Gerak Dasar Jalan, Lari, Lompat, dan Lempar

Sebagai warga negara Indonesia. Budaya bangsa Indonesia ini perlu dilestarikan dengan mempelajari gerak dasar pencak silat dengan sungguh-sungguh. Jangan sampai Bela Diri/Pencak Silat diakui oleh bangsa lain.

Soal dan Kunci Jawaban PJOK Kelas 4 Semester 1, Materi Gerak Dasar Lokomotor dan Nonlokomotor dalam Seni Bela Diri Pencak Silat

Berlatih pencak silat dengan tekun, bisa menghasilkan gerak dasar yang baik. Pada pelajaran Gerak Dasar Lokomotor dan Nonlokomotor dalam Seni Bela Diri Pencak Silat peserta didik akan dipelajari belajar gerak dasar pencak silat. Kamu dapat mempraktikkan gerakan dasar pencak silat tersebut. Dengan berlatih pencak silat, kamu akan tumbuh menjadi anak sehat dan tangguh. Kamu pun menjadi generasi yang turut melestarikan budaya bangsa Indonesia.

Baca Juga: Kunci Jawaban PJOK Kelas 4 Kurikulum 2013 Semester 1, Materi Variasi Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif dalam Permainan Bola Kecil (Kasti)

Setelah mempelajari Gerak Dasar Lokomotor dan Nonlokomotor dalam Seni Bela Diri Pencak Silat, siswa-siswi kelas 4 diharapkan bisa menjelaskan mempraktekkan gerak dasar lokomotor dalam pencak silat, dan bisa  menjelaskan dan mempraktekkan gerak dasar nonlokomotor dalam pencak silat.

Seni bela diri perlu dilestarikan, salah satunya dengan cara belajar gerak dasar pencak silat. Belajar pencak silat dapat menumbuhkan sikap disiplin dan menghargai perbedaan antar teman. Pada pelajaran pencak silat, terdapat gerak dasar lokomotor (berpindah tempat) dan gerak nonlokomotor (tidak berpindah tempat). 

Terdapat beberapa pembahasan yang akan dibahas pada Materi Gerak Dasar Lokomotor dan Nonlokomotor dalam Seni Bela Diri Pencak Silat,. Adapun pembahasan materi tersebut adalah sebagai berikut:

1. Gerak Dasar Lokomotor dalam Seni Bela Diri Pencak Silat

-  Gerak Dasar Lokomotor dalam Seni Bela Diri Pencak Silat ini meliputi:

a. Arah dalam Pencak Silat

Arah merupakan sasaran dalam melakukan suatu gerakan. Arah ini biasanya digunakan saat melakukan pembelaan maupun melakukan serangan. Pada pencak silat, arah dikenal dengan sebutan delapan penjuru mata angin

Baca Juga: Soal dan Kunci Jawaban PJOK Kelas 4 Semester 1, Materi Variasi Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif dalam Permainan Bola Besar 

2. Pola Gerak Langkah dalam Pencak Silat

Pola Gerak Langkah dalam Pencak Silat meliputi Langkah. Langkah adalah perubahan injakan kaki dari suatu tempat ke tempat lainnya. Langkah ini dapat dilakukan dengan lurus atau serong.

Pola Gerak Langkah dalam Pencak Silat meliputi:

-  Bentuk Pola Gerak Langkah

-  Macam-Macam Pola Gerak Langkah

3. Gerak Dasar Nonlokomotor dalam Pencak Silat

Gerak Dasar Nonlokomotor dalam Pencak Silat meliputi:

-  Gerak Nonlokomotor Sikap Kuda-Kuda

Kuda-Kuda Depan

Kuda-Kuda Belakang

Kuda-Kuda Tengah

Kuda-Kuda Samping

Baca Juga: Soal dan Kunci Jawaban PJOK Kelas 4 Kurikulum 2013 Materi Variasi Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif dalam Permainan Bola Besar, Halaman 26

4. Gerak Nonlokomotor Sikap Pasang

5. Gerak Nonlokomotor Sikap Tegak

6. Gerak Dasar Nonlokomotor Serangan dalam Pencak Silat

Gerak Dasar Nonlokomotor Serangan dalam Pencak Silat ini meliputi:

-  Pukulan, dan

-  Tendangan

7. Gerak Dasar Nonlokomotor Belaan dalam Pencak Silat

Gerak Dasar Nonlokomotor Belaan dalam Pencak Silat, meliputi:

-  Elakan, dan 

-  Tangkisan

Baca Juga: Download Buku PJOK Kelas 4 SD K13 Revisi 2019 Buku Guru Buku Siswa

Soal dan Kunci Jawaban PJOK Kelas 4 Semester 1, Materi Gerak Dasar Lokomotor dan Nonlokomotor dalam Seni Bela Diri Pencak Silat

Langsung saja berikut Soal dan Kunci Jawaban PJOK Kelas 4 Semester 1, Materi Gerak Dasar Lokomotor dan Nonlokomotor dalam Seni Bela Diri Pencak Silat 

Soal Gerak Dasar Lokomotor dan Nonlokomotor dalam Seni Bela Diri Pencak Silat, Pilihan Ganda

1. Nanda berdiri tegak dan kedua kaki rapat. Kedua tangannya mengepal di samping pinggang. Dalam pencak silat, gerakan yang dilakuan Nanda dinamakan sikap . . . .

a. tegak

b. jongkok

c. pasang

d. simpuh

2. Sasaran dalam melakukan gerakan, baik saat pembelaan maupun serangan disebut . . . .

a. gerakan

b. arah

c. langkah

d. pukulan

3. Liana melakukan perubahan injakan kaki dari satu tempat ke tempat lain. Tindakan yang dilakuan Liana dinamakan . . . .

a. loncatan

b. geseran

c. langkah

d. lompatan

Baca Juga: Soal dan Kunci Jawaban PJOK Kelas 4 Semester 2, Materi Renang Gaya Bebas

4. Yoga dan Toni berlatih pencak silat. Yoga melakukan serangan ke arah Toni. Untuk menghindari serangan, Toni melakukan hindaran. Tindakan Toni disebut . . . .

a. belaan

b. elakan

c. serangan

d. tangkisan

5. Diana dan Yeni bertanding pencak silat. Saat menghadapi serangan Diana, Yeni melakukan gerak belaan dengan kontak langsung. Gerak dasar yang dilakukan Yeni disebut . . . .

a. pukulan

b. elakan

c. tangkisan

d. sapuan

6. Perhatikan gambar dibawah ini! Gambar tersebut menunjukkan kuda-kuda . . . .








a. depan

b. samping

c. tengah

d. belakang

7. Andi berlatih pencak silat dengan Akbar. Andi melakukan serangan dengan mengepalkan tangan ke arah dada Akbar. Dilihat dari gerakannya, Andi melakukan gerak pukulan . . . .

a. depan

b. samping

c. sangkol

d. lingkar

Baca Juga: Kunci Jawaban Buku PJOK Kelas 4 Kurikulum 2013 Semester 2, Materi Jenis Cedera dan Cara Penanggulangannya, Halaman 192

8. Nadia melakukan tendangan dengan hentakan punggung kaki. Dilihat dari gerakannya, Nadia melakukan tendangan . . . .

a. lurus

b. samping

c. T

d. belakang

9. Perhatikan gambar sikap dalam pencak silat dibawah ini! Gambar tersebut menunjukkan sikap tegak. 








a. 1

b. 2

c. 3

d. 4

10.Septi menggunakan tulang hasta untuk melakukan tangkisan. Gerak dasar ini efektif untuk mematahkan serangan pukulan dan tendangan lurus. Gerak dasar yang dimaksud adalah tangkisan . . . .

a. dalam

b. luar

c. atas

d. bawah

Soal Gerak Dasar Lokomotor dan Nonlokomotor dalam Seni Bela Diri Pencak Silat, Uraian!

11. Jelaskan sikap pasang berdasarkan penggunaannya!

Jawab: a. Sikap pasang terbuka adalah sikap pasang yang tidak melindungi tubuh. Pada sikap ini tangan dibuka lebar-lebar. Daerah yang lemah akan terbuka. Kewaspadaan dan reaksi cepat sangat diperlukan dalam sikap pasang terbuka ini

b. Sikap pasang tertutup adalah sikap pasang dengan posisi tangan dan lengan melindungi tubuh. Tangan ditempatkan pada daerah tubuh yang lemah. Tindakan tersebut untuk mempersempit dan menutup daerah rawan tubuh.

Baca Juga: Kunci Jawaban Buku PJOK Kelas 4 Kurikulum 2013, Semester 2 Materi 'Renang Gaya Bebas'

12. Dalam pencak silat, pesilat harus mengetahui pola langkah. Apa yang dimaksud dengan pola langkah dalam pencak silat?

Jawab: - Langkah dalam pencak silat adalah perubahan injakan kaki dari suatu tempat ke tempat lainnya.

- Langkah dapat dilakukan dengan lurus atau serong. 

- Cara melakukannya bisa dengan cara angkatan, geseran, ingsutan, dan lompatan.

13. Tina belajar tendangan T pada pencak silat. Bagaimana cara melakukan tendangan T?

Jawab: - Tendangan ”T” dimulai dengan mengangkat lutut setinggi sasaran.

- Pinggul diputar ke arah samping dalam. Gerakan tersebut diikuti gerakan telapak kaki berputar searah tendangan.

14. Dewi belajar gerak pukulan lingkar dalam pencak silat. Jelaskan cara melakukan pukulan lingkar!

Jawab: - Tangan kanan menekuk di samping badan, posisinya mengepal.

- Tangan kiri berada di depan dada dengan posisi terbuka.

- Ayunkan tangan kanan ke depan sambil dihentak, kemudian diikuti putaran pinggang.

15. Bagaimana cara melakukan tangkisan atas dalam pencak silat?

Jawab: - Tangkisan atas dilakukan dengan mengayun lengan dari bawah ke atas.

- Posisi tangan melindungi kepala dari serangan lawan 

Kunci Jawaban Soal PJOK Kelas 4 Semester 1, Materi Gerak Dasar Lokomotor dan Nonlokomotor dalam Seni Bela Diri Pencak Silat, untuk pilihan ganda adalah huruf yang tebal (bold) sedangkan jawaban isian terdapat pada tulisa jawab, dibawah pertanyaan 

Itulah penjelasan singkat kami mengenai Soal dan Kunci Jawaban PJOK Kelas 4 Semester 1, Materi Gerak Dasar Lokomotor dan Nonlokomotor dalam Seni Bela Diri Pencak Silat. Terima Kasih sudah berkunjung ke blog pendidikanterkini. Semoga informasi materi pelajaran pjok sd kelas 4 semester 2 ini bermanfaat bagi kita semua. 




0 Response to "Soal dan Kunci Jawaban PJOK Kelas 4 Semester 1, Materi Gerak Dasar Lokomotor dan Nonlokomotor dalam Seni Bela Diri Pencak Silat"

Posting Komentar