Siap-siap, Pemberkasan NIP PPPK Tahap 1 Sudah Dimulai.

Pemberkasan NIP PPPK Tahap 1 Sudah Dimulai bulan ini, untuk itu persiapkan dokumen-dokumen penting dan berkas penunjang lain sekarang juga sebelum lonceng ditabuh untuk segera mengumpulkan file ataupun berkas yang dibutuhkan oleh pemerintah

Munculnya wacana tulisan tersebut mengacu pada hasil rapat koordinasi persiapan pengangkatan PPPK 2019 yang dilakukan secara virtual oleh BKN dengan beberapa pimpinan Pemerintah Daerah di seluruh penjuru Nusantara, Rabu, 2 Desember 2020 kemarin

"Kurang lebih sebanyak 370 Pemda dan satu instansi pusat yang hadir pada rakor virtual Rabu, 2 Desember 2020," kata Kepala BKN Bima Haria Wibisana. 

Bima juga menambahkan apabila sudah sesuai dengan regulasi yang ada, maka BKN akan menetapkan NIP PPPK jika SK dari Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) sudah dibuat/ada.

Hal ini selaras dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPAN-RB) Nomor 72 Tahun 2020 Pasal 20A, ayat (2) yang menyatakan, pengangkatan calon PPPK ditetapkan dengan keputusan PPK.

Pada Ayat (3), keputusan PPK sebagaimana yang dimaksud pada ayat (2) juga disampaikan kepada kepala BKN untuk mendapatkan nomor induk PPPK.

Dengan mengacu pada Penetapan nomor induk PPPK sebagaimana yang dimaksud pada ayat (3) diterima oleh PPK maksimal paling lama 25 hari kerja sejak waktu penyampaian. 

Adanya ketentuan regulasi yang sudah ditetapkan. Bima juga menambahkan bahwa cepat lambatnya penetapan NIP PPPK ini bergantung kepala daerah masing-masing, meskipun formasi PPPK sudah ditetapkan oleh KemenPAN-RB. 

BKN sudah melayangkan surat kepada para instansi-instansi daerah yang memiliki calon PPPK.

“Pemda seharusnya sudah bergerak dan  jangan terlalu lama menahan, sebab anggarannya kan sudah dimasukkan dalam Dana Alokasi Umum (DAU). Kementerian Keuangan juga akan mempercepat revisi pos belanja gaji PPPK karena daerah memasukkannya dalam belanja barang, bukan belanja pegawai,” tutupnya.

Untuk itu, sekali lagi persiapkan dokumen-dokumen penting sedini mungkin dan berkas penunjang lain sekarang juga. 



Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Siap-siap, Pemberkasan NIP PPPK Tahap 1 Sudah Dimulai. "

  1. Berkas apasaja yang perlu disiapkan?

    BalasHapus
  2. Berkas apa aja perlu disiapkan?
    Sedangkan saya belum tau apa saya bisa lulus PPPK apa gak?
    Krn saya honorer ssh lama

    BalasHapus
  3. Berkas apa aja yg perlu disiapkan?
    Sedangkan saya belum tau apa saya lulus PPPK apa tidak.saya SDH lama honorer.dari bali

    BalasHapus
  4. Berkas apa saja yg harus di persiapkan ?

    BalasHapus
  5. Ini yg lolos P3K Tahun lalu (2019)

    BalasHapus