Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar K13 PAUD, SD, SMP, SMA Kondisi Khusus Terbaru

KI dan KD Kurikulum 2013 PAUD, SD, SMP, SMA Kondisi Khusus terbaru menjadi salah satu pondasi dasar untuk memulihkan problematika dunia pendidikan dimasa pandemi seperti saat ini.

Alur dunia Pendidikan saat ini masih belum berjalan sesuai harapan. Pasalnya, sistem PJJ (Pendidikan Jarak Jauh) yang diyakini bisa menjadi solusi kegiatan dan agenda pendidikanpendidikan di masa Corona ternyata masih banyak keluhan demi keluhan. Bahkan fakta di lapangan PJJ masih belum bisa diterima berbagai kalangan.
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar K13 PAUD, SD, SMP, SMA Kondisi Khusus Terbaru

Salah satu upaya pemerintah mencari titik permasalahan terbaik agar laju Pendidikan ditanah air terus berjalan yakni dilakukan dengan cara sistem daring  atau online. 

Akan tetapi celoteh masyarakat dalam kegiatan pembelajaran sistem ini, menuai pandangan berbeda dari berbagai sisi, mulai dari problematika online (jaringan, kuota), materi pembelajaran hingga sasaran tujuan pembelajaran.

Metode gagasan terbaru yang dikeluarkan oleh Pemerintah yakni, terbitnya Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 untuk PAUD, SD, SMP, SMA Kondisi Khusus/terbaru dimasa pandemi menyesuaikan situasi dan kondisi terkini.

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar untuk kondisi khusus ini sudah berdasarkan SK Balitbang atau surat keputusan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan nomor 018/H/KR/2020. Dalam KI dan KD terbaru ini pemerintah berharap adanya efisiensi dalam proses pembelajaran. Sebanyak 235 KI dan KD untuk PAUD SD, SMP, SMA/SMK dirilis tertanggal 7 AGustus kemarin. Adapun KD dan KD kondisi khusus yang dikeluarkan pemerintah meliputi di bawah ini.

KI dan KD Kurikulum 2013 PAUD, SD, SMP, SMA/SMK Kondisi Khusus 


1.  KI dan KD SD/MI
KI dan KD SD/MI dari semua mata pelajaran yang ada, meliputi
KI dan KD Bahasa Indonesia, Matematika, PPKn, IPA, IPS, PJOK, juga KI dan KD Pendidikan Agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, SPdP, dan semua muatan pelajaran yang diajarkan di sekolah dasar.

2. KI dan KD SMP
KI dan KD SMP meliputi: Bahasa Indonesia, Matematika, PPKn, PJOK, juga KI dan KD Pendidikan Agama Islam, Kristen, Hindu, Budha,  dan semua muatan pelajaran yang diajarkan.

3. KI dan KD SMK/SMA
KI dan KD SMA/SMK meliputi Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar kondisi khusus. Semua muatan materi  pelajaran mengalami pengkondisian dan tidak jauh berbeda dengan tingkatan sebelumnya.

4. KI dan KD Pendidikan Anak Usia Dini / PAUD
KI dan KD Pendidikan Anak Usia Dini / PAUD meskipun masuk dalam katogeri prasekolah, KI dan KD PAUD juga tetap dikondisikan dengan kurikulum 2013 kondisi khusus saat wabah covid 19.

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar PAUD ini, diharapkan juga menjadi acuan baru  dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Dengan terbitnya KI dan KD ini, diharapkan proses pembelajaran, tidak lagi terlalu membebani siswa.

Seperti yang diketahui, Jika Masyarakat banyak mengeluhkan masalah jaringan internet, biaya paket, serta tugas yang menumpuk, guru juga tengah dihantui target KI dan KD yang belum tercapai. Dengan diteritkannya SK Balitbang Nomor 018/H/KR/2020 ini diharapkan menjadi jawaban semua keluh kesah guru dan tentunya bisa meringankan beban orang tua di rumah. Adapun untuk lebih lengkapnya bisa langsung di download di bawah ini.

Download KI dan KD PAUD, SD, SMP, SMA/SMK Kondisi Khusus – Download

Itulah tautan atau link download KI dan KD untuk masa pandemi covid 19 yang dikeluarkan pemerintah. Semoga KI dan KD terbaru ini bisa bermanfaat untuk semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar K13 PAUD, SD, SMP, SMA Kondisi Khusus Terbaru"

Posting Komentar