Berikut Cara Cek Nomor NUPTK Terbaru, Diterima atau Ditolak melalui laman http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/

Cara Cek Nomor NUPTK Terbaru, Diterima/Ditolak melalui laman http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/. Pola bahasa seperti ini seringkali menjadi buah pertanyaan bagi rekan-rekan guru yang masih belum resmi mengantongi Nomor Unik Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (NUPTK)



Pertanyaan kecil ini, seringkali dielukan-elukan. Apakah dirinya sudah terdaftar pada program penerima NUPTK, ataukah sebaliknya hanya menunggu dan menunggu kapan nomor unik pendidik ini resmi dimilikinya.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan  atau yang lebih akrab disapa dengan sebutan NUPTK, bagaikan kartu sakti bagi para guru atau tenaga kependidikan lainnya.

Pasalnya semisal terdapat program pengajuan/hal-hal yang berhubungan dengan administrasi pribadi kedinasan, maka nomor unik pendidik ini selalu ikut andil dalam melengkapi berkas pengajuan yang akan diajukan.

Sebelum dinyatakan resmi memiliki NUPTK. Bagi pendidik dan tendik yang belum mengantongi Nomor resmi ini, seolah-olah gelar status sebagai salah satu Oemar Bakri masih terganjal, meskipun sudah tergabung pada suatu instansi/lembaga kependidikan

Manfaat dan tujuan memiliki NUPTK bagi guru merupakan kode khusus untuk menerima atau mengajukan berbagai macam jenis tunjangan dari pemerintah. Baik program tunjangan dari pusat, propinsi ataupun Pemda serta bisa dijadikan sebagai sarana dalam pengajuan program pendidikan dan latihan (diklat) seperti halnya sertifikasi, PPG, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Cara Mengajukan NUPTK Terbaru 2020 Secara Online

Hingga saat ini, masih saja ada beberapa rekan-rekan pendidik dan tenaga kependidikan, yang belum mengantongi nomor NUPTK

Namun perlu diketahui bersama bahwa salah satu syarat dalam pengajuan/pembuatan NUPTK yakni guru/pendidik minimal sudah harus mengabdi pada suatu lembaga pendidikan selama kurang lebih 2 tahun, dan memiliki Surat Keputusan/SK dari Kepala sekolah dan Surat Keterangan lain dari Pemerintah Daerah/Bupati

Cara Cek NUPTK sebenarnya bisa dilakukan oleh Dinas Pendidikan Terkait/Operator Sekolah dengan cara cek nomor nuptk berdasarkan nama, cek nuptk berdasarkan nip dan bahkan nantinya juga bisa dilakukan dengan cetak nuptk online

Hal inilah yang mendasari kami memotivasi ingin berbagi informasi tentang Cara Cek Nomor NUPTK Terbaru, Diterima/Ditolak melalui laman http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/

Namun sebelum masuk ke pokok pembahasan, Ada beberapa hal yang perlu diketahui bahwa pengajuan daftar NUPTK terkadang masih saja ditolak dikarenakan berbagai hal. 

Berikut beberapa kendala dan hambatan yang terkadang membuat guru ditolak saat pengajuan NUPTK:

1. Ijasah dan Mata Pelajaran yang diampu tidak sesuai/tidak longer

2. Miss komunikasi/tidak mengumpulkan data pendidikan ke Operator Sekolah (OPS) atau TU

3. Belum memiliki ijasah S1

4. Belum terdaftar/didaftarkan pada aplikasi Dapodik/Emis oleh operator

Baca Juga: Berikut Cara Verifikasi Rekening BOS Tahun 2021

5. Masih terkendala/data belum approve di Dinas Pendidikan terkait atau LPMP pusat dan lain sebagainya

Oleh sebab itu, sering-seringlah berkomunikasi dan menanyakan ke Operator Sekolah/Kepala Sekolah. Apabila Anda ingin mengecek sendiri. Maka Anda harus meminta kepada Operator Sekolah/OPS mengenai username dan password untuk masuk/login ke akun vervalptk.

Berikut Cara Cek Nomor NUPTK Terbaru, Diterima atau Ditolak melalui laman http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/

Berikut Cara Cek NUPTK pada laman http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/

1. Pertama silahkan Anda ketiak dan masuk ke website http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/

2. Lalu masukkan Username dan Password yang diminta dari Operator Sekolah

3. Setelah itu, klik pada bagian Status Pengajuan NUPTK maka nantinya akan ada daftar nama guru yang sudah mempunyai NUPTK dan daftar guru yang masih belum beruntung (diterima/ditolak saat membuat NUPTK)

Bagi Anda yang ingin melakukan perbaikan data dikarenakan status masih ditolak. Coba segera komunikasikan dengan pihak OPS/Kepala Sekolah dan lengkapilah semua data diri seperti SK mengajar, SK Yayasan, KTP, Ijazah dan semua perlengkapan lainnya.

Itulah sedikit informasi tentang Cara Cek Nomor NUPTK Terbaru, Diterima/Ditolak melalui laman http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/.

Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat bagi kita semua. Amin



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berikut Cara Cek Nomor NUPTK Terbaru, Diterima atau Ditolak melalui laman http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/"

Posting Komentar