Soal PJOK Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Semester 1 dan Kunci Jawaban

Soal PJOK Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Semester 1 dan Kunci Jawaban akan kami berikan secara rinci di bawah ini, agar senantiasa dijadikan sebagai bahan tambahan belajar atau latihan dalam menjawab soal-soal pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan diri peserta didik dalam menghadapi ujian atau ulangan di semester gasal.


Soal- soal pjok kelas 6 semester 1 kurikulum 2013 ini, mengacu pada materi buku pegangan siswa PJOK kelas 6 SD/MI yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Soal-soal PJOK yang kami hadirkan ini, terdiri dari beberapa cakupan materi pembahasan yang terdapat pada buku pelajaran siswa-siswi selama semester 1. Adapun materi soal-soal Penjasorkes kelas 6 ini, berisi tentang Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar dalam Permainan Bola Besar, Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar Dalam Berbagai Permainan Bola Kecil, Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar Jalan, Lari, Lompat, dan Lempar, Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar dalam Seni Bela Diri Pencak Silat, Aktivitas Kebugaran Jasmani, sesuai dengan seluruh isi materi yang dibahas disepanjang semester 1 
Dalam Mapel (Mata Pelajaran) PJOK, penerapan praktek dan teori setidaknya harus seimbang meskipun fakta dilapangan, tatap muka/pembelajaran secara langsung lebih banyak dilakukan di ruang outdoor/terbuka (praktek) dari pada pembelajaran di ruang indoor/tertutup (materi).


Untuk itu, mengingat pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan ini, secara gambaran umum masih sering melakukan kegiatan di lapangan (praktik). Sehingga dalam hal ulangan/ujian penilaian secara tertulis, masih membutuhkan banyak tambahan latihan.

Soal PJOK Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Semester 1 kali ini, kami sajikan secara rinci dalam beberapa bentuk soal, berupa Pilgan (pilihan ganda), Mengisi titik-titik dan menjawab/Isian singkat. Dengan adanya soal-soal latihan ini, adik-adik bisa jadikan sebagai bahan belajar dan latihan menjawab soal saat PTS/UTS, PAS/Penilaian Akhir Semester PJOK kelas 6 Semester 1 ataupun bisa dijadikan sebagai media tambahan/penunjang latihan saat akan mengikuti ulangan harian/Penilaian Harian PJOK Kelas 6. 

Soal PJOK Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Semester 1 dan Kunci Jawaban

Langsung saja, untuk lebih detilnya bisa langsung adik-adik simak soal latihannya di bawah ini.

Soal PJOK Kelas 6 SD/MI K13 Semester 1

Soal latihan PJOK kelas 6 SD/MI K13 Semester 1

Keterangan Soal :
Jumlah soal pilihan ganda : 30
Jumlah soal melengkapi titik-titik: 10
Jumlah soal menjawab/uraian singkat: 10

Soal PJOK Kelas 6 SD/MI Semester 1 Pilihan Ganda

1.  Variasi gerak nonlokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif dalam permainan sepak bola ialah . . . .
A. Menarik dan mengayun kaki dengan menendang bola
B. Berjalan dan berlari dengan menggiring bola
C. Melangkah dan melompat dengan menyundul bola
D. Melangkah dan melompat dengan menghentikan bola
2.  Bola tendangan kiper melambung tinggi menuju lapangan lawan. Pemain lawan menghalau bola tersebut tepat di keningnya. Variasi dan kombinasi gerak dasar yang dilakukan pemain tersebut ialah.. 
A. Menarik dan mengayun kaki dengan kombinasi menendang bola
B. Berlari dan melompat dengan kombinasi menyundul bola
C. Berlari dan melompat dengan kombinasi mengoper bola
D. Berjalan dan berlari dengan kombinasi menggiring bola
3.  Hesti melakukan variasi gerak dasar lokomotor dan manipulatif dengan memukul bola voli.            Variasi dan kombinasi gerak dasar ini berperan dalam mengawali serangan. Gerakan yang                    dimaksud adalah . . 
A.  Passing
B.  Blocking
C.  Smes
D.  Servis 
4.   Seorang pebasket berjalan dan berlari dengan menggiring bola mendekati ring lawan. Ketika        memasuki area setengah lingkaran, pebasket tersebut melakukan gerakan dua langkah. Gerakan          diakhiri dengan memasukkan bola ke ring dengan lompatan. Pebasket tersebut melakukan                    gerakan . . . . . . . . 
A.  Slam dunk
B.  Jump shoot
C.  Lay up shoot
D.  Defense rebound
5.  Yoga dan teman-temannya bermain bola basket. Yoga akan memasukkan bola ke ring basket        lawan  dengan variasi gerak melompat dan mengayun lengan. Gerakan yang dilakukan Yoga                menunjukkan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor dan manipulatif dalam . . . .
A.  Jump shoot
B.  Lay up shoot
C.  Dribbling
D.  Rebound
6.  Wulan berjalan dan berlari dengan menggiring bola basket. Variasi dan kombinasi gerak dasar  yang dilakukan oleh Wulan adalah ....
A.  Nonlokomotor; Manipulatif
B.  Nonlokomotor; Lokomotor
C.  Lokomotor; Nonlokomotor
D.  Lokomotor; Manipulatif
7.  Tiwi melakukan variasi gerak dasar manipulatif dengan kombinasi gerak dasar nonlokomotor        dalam melempar bola melambung. Gerak dasar yang dilakukan Tiwi ialah melempar bola dengan . . . 
A.  Melangkah dan berlari
B.  Melangkah dan mengayun lengan
C.  Melompat dan mengayun lengan
D.  Berdiri dan mengayun lengan
8.  Tania dan Indah berlatih gerakan melempar dan menangkap bola kasti. Tania berjalan dan            berlari dengan menangkap bola kasti yang dilempar Indah. Dilihat dari gerakannya, Tania melakukan variasi dan kombinasi gerak dasar, yaitu . . . .
A.  Lokomotor dan manipulatif
B.  Nonlokomotor dan manipulatif
C.  Lokomotor dan nonlokomotor
D.  Manipulatif dan nonlokomotor
9.   Didi dan Doni berlatih melempar bola rounders secara mendatar. Didi melakukan lemparan bola    dengan ayunan bola . . . .
A.  Ke atas depan
B.  Menyusur tanah
C.  Ke samping badan
D.  Lurus ke depan
10. Dalam permainan rounders, pemukul melakukan pukulan tanpa ayunan. Teknik pukulan  ini          bertujuan . . . .
A.  Mematahkan taktik lawan
B.  Mengelabui regu penjaga
C.  Memecah konsentrasi regu penjaga
D.  Memberi kesempatan teman menuju base
11. Fandi bermain rounders bersama teman-temannya. Fandi bersiap melakukan pukulan bola.            Kombinasi gerakan yang tepat saat melakukan gerakan ini adalah menarik tongkat ke belakang          dan . . . . . . 
A.  Meletakkan tongkat di tanah diayunkan lurus ke bawah
B.  Mengayunkan tongkat dari atas kepala diayunkan di samping badan
C.  Mengayunkan tongkat dari samping mengarah ke bola diayunkan lurus ke depan dada
D.  Menghindari bola yang dilempar di atas bahu dan samping kepala
12. Seorang anak bersiap menangkap bola menyusur saat bermain rounders. Anak tersebut                berjongkok dan membungkuk dengan menangkap bola. Gerakan anak tersebut menunjukkan              variasi dan kombinasi gerak dasar . . . .
A.  Nonlokomotor dan lokomotor
B.  Nonlokomotor dan manipulatif
C.  Lokomotor dan manipulatif
D.  Lokomotor dan nonlokomotor
13. Dewi dan teman-temannya melakukan lari sprint relay. Dalam aktivitas ini, variasi dan                kombinasi gerak dasar yang dilakukan, yaitu . . . .
A.  Jalan maju dan mundur dengan lari
B.  Jalan maju dan mundur dengan lompat
C.  Jalan maju dan mundur dengan lempar
D.  Jalan cepat dan lari dengan lompat,
14. Dewi melakukan permainan lompat kijang bersama teman. Dalam permainan ini, terdapat              variasi dan kombinasi gerak dasar, yaitu ....
A.  Jalan pelan dan jalan cepat dengan kombinasi lempar
B.  Jalan pelan dan jalan cepat dengan kombinasi lompat
C.  Lari pelan dan lari cepat dengan kombinasi lompat
D.  Lari pelan dan lari cepat dengan kombinasi lempar. 
15. Saat melakukan lari melewati palang, gerak dasar yang harus diperhatikan adalah . . . .
A.  Lari dan lompat
B.  Lari dan loncat
C.  Jalan dan ayunan
D.  Lompat dan pendaratan
16. Tiwi melakukan variasi lari pelan dan lari cepat sejauh 10 meter sebagai awalan. Saat berada        pada balok tumpuan, Tiwi menumpu dengan kaki terkuat dan melompat sejauh-jauhnya.                      Pernyataan ini menunjukkan Tiwi melakukan aktivitas . . . .
A.   Lempar roket
B.   Lompat jauh
C.   Tolak peluru
D.   Lompat galah
17.  Nadia dan teman-temannya melakukan aktivitas short run-up long jump di lapangan. Aktivitas short run-up long jump dilakukan dengan . . 
A.   Jalan, menolak, dan melompat
B.   Jalan cepat, lari sprint, dan melompat
C.   Jalan, lari jarak pendek dan melompat
D.   Jalan cepat, melompat, dan mendarat
18.  Beni melakukan lompat jauh di halaman sekolah. Variasi dan kombinasi gerak dasar yang            dilakukan Beni adalah . . . .
A.   Lari pelan dan lari cepat dengan kombinasi melompat dan mendarat
B.   Jalan pelan dan jalan cepat dengan kombinasi menolak dan melompat
C.   Lari pelan dan lari cepat dengan kombinasi menolak dan mendarat
D.   Lari pelan dan lari cepat dengan kombinasi mengayun dan melempar
19.  Lina melakukan variasi kuda-kuda depan dan kuda-kuda samping dengan kombinasi serangan      tangan. Lina mengarahkan dua telapak tangan ke depan. Gerakan yang dilakukan Lina disebut . .
A.   Dorongan
B.   Bandulan
C.   Tusukan
D.   Meninju
20.  Dandi melakukan variasi kuda-kuda tengah dan kuda-kuda samping dengan kombinasi elakan.  Cara melakukan kuda-kuda tengah dengan menggeserkan kaki kanan ke arah . 
A.   Depan
B.   Belakang 
C.   Samping kiri 
D.   Samping kanan
21.

Perhatikan gambar variasi dan kombinasi gerak dasar dalam pencak silat di atas! Gambar tersebut menunjukkan gerakan variasi pola gerak langkah dengan kombinasi . .
A.   Kombinasi pukulan
B.   Kombinasi tendangan
C.   Kombinasi elakan
D.   Tangkisan
22.  Siswa kelas VI berlatih variasi dan kombinasi gerak dasar dalam pencak silat. Faisal melakukan variasi pola gerak langkah. Gerakan ini dikombinasikan dengan menolak serangan lawan                  menggunakan tangan. Dalam pencak silat, gerakan yang dilakukan Faisal disebut . . . .
A.   Tangkisan 
B.   Serangan 
C.   Pukulan
D.   Elakan
23.  Memindahkan posisi pijakan kaki saat mendapatkan serangan dari lawan disebut . . . .
A.   Tangkisan
B.   Tendangan
C.   Pukulan
D.   Elakan
24.  Ninda melakukan variasi pola gerak langkah dengan kombinasi tangkisan. Saat menangkis,          Ninda menyilangkan tangan di depan kepala. Gerakan yang dilakukan Ninda disebut tangkisan . . 
A.   Satu tangan
B.   Dua tangan 
C.   Siku dalam
D.   Siku luar
25.  Kemampuan mengubah posisi tubuh pada bagian tertentu disebut . . . .
A.   Kekuatan
B.   Kelenturan
C.   Kecepatan
D.   Kelincahan
26.  Yoga melakukan lari joging di lapangan. Aktivitas fisik yang dilakukan Yoga untuk mengukur . . 
A.   Kekuatan
B.   Kelenturan
C.   Denyut nadi
D.   Daya tahan
27.  Yuni dan Rita melakukan lari berkelok-kelok. Yuni dan Rita berusaha menjadi yang tercepat.      Aktivitas yang dilakukan Yuni dan Rita merupakan latihan untuk meningkatkan 
A.   Kelincahan
B.   Kecepatan
C.   Kelenturan
D.   Kekuatan
28.  Beni melakukan olahraga lompat tali (skipping). Aktivitas ini dapat melatih kekuatan otot kaki dan . . .
A.   Kekuatan
B.   Kecepatan
C.   Ketangkasan
D.   Keseimbangan
29.  Sebelum berolahraga, Sinta melakukan peregangan otot lengan dan tungkai. Aktivitas yang          dilakukan Sinta untuk melatih . . . .
A.   Kekuatan
B.   Kelenturan
C.   Kecepatan
D.   Kelincahan
30.  Kekuatan otot lengan dan dada dapat dilatih dengan aktivitas kebugaran jasmani, yaitu . 
A.   Push up
B.   Back up
C.   Skipping
D.   Sit up

Soal PJOK Kelas 6 SD Semester 1 Isian Singkat

1. Dalam sepak bola, setiap tim terdiri atas . . . . . . . yang bermain di lapangan. 
2. 
Berlari dan melompat dengan kombinasi menendang bola ke arah gawang seperti pada gambar  diatas dinamakan tendangan . . . . 
3. Kasti dan rounders merupakan permainan beregu yang mengutamakan unsur . . 
4. Pada permainan kasti, gerakan manipulatif menangkap bola meliputi . . . . . . .
5. Lompat jauh termasuk salah satu nomor . . . . 
6. Aktivitas sprint relay menunjukkan variasi jalan maju dan mundur yang dikombinasikan dengan
7. Sikap kuda-kuda memfokuskan pada posisi kaki sebagai dasar . . . . . . 
8. Gerakan untuk menolak serangan lawan dimaksudkan agar serangan lawan tidak mengenai          badan dinamakan . . . . . .
9. Lompat tali (skiping) berguna melatih ketangkasan dan . . . . 
10. Gerakan push up bertujuan melatih kekuatan otot dada, bahu, dan . . . . .

C.  Soal Uraian PJOK Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Semester 1!


1.  Jelaskan apa yang dimaksud dengan variasi gerak dasar lokomotor dengan kombinasi gerak        dasar manipulatif dalam menggiring bola sepak !
2.  Jelaskan cara melakukan variasi gerak dasar lokomotor dan kombinasi gerak dasar manipulatif    dalam menembak bola ke ring basket!
3.  Bagaimana variasi gerak dasar nonlokomotor dengan kombinasi manipulatif dalam melempar      bola kasti?
4.  Jelaskan variasi gerak dasar nonlokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif dalam        melempar bola rounders!
5.  Bagaimana variasi jalan dengan kombinasi lari dalam sprint relay?
6. Jelaskan variasi dan kombinasi gerak dasar lari dan lompat melewati palang!
7.  Deskripsikan variasi kuda-kuda depan dan kuda-kuda belakang dengan kombinasi pukulan!
8.  Jelaskan cara melakukan variasi pola gerak langkah dengan kombinasi elakan/Variasi lari dengan kombinasi elakan berguna untuk!
9.  Jelaskan pengertian kebugaran jasmani!
10. Aktivitas pemanasan hendaknya dilakukan sebelum berolahraga. Jelaskan pentingnya                  pemanasan!

Untuk mendapatkan soal versi Pdf atau word bisa langsung di unduh di bawah ini.

Soal PJOK kelas 6 SD/MI K13 Semester 1,  Download disini

Kunci Jawaban Soal PJOK Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Semester 1 

A. Pilihan Ganda
1. A
2. B
3. D
4. B
5. B
6. D
7. B
8. D
9. A
10. B
11. C
12. B
13. B
14. C
15. A
16. B
17. C
18. A
19.  A
20.  B
21.  B
22.  A
23.  D
24.  A
25.  D
26.  D
27.  A
28.  D
29.  B
30.  A

B.    Kunci Jawaban Soal PJOK
1.    11 orang pemain 
2.    Shooting
3.    Kekompakan, ketangkasan, dan kegembiraan.
4.    Menangkap bola melambung, mendatar, dan menyusur tanah
5.    Atletik
6.    Lari
7.    Tumpuan
8.    Gerakan Tangkisan
9.    Kekuatan otot kaki.
10. Lengan bagian luar (trisep)
C. Uraian
1.     Melewati pemain lawan dan membawa bola sedekat mungkin ke daerah pertahanan lawan. 
2.  Melangkah diikuti melompat dengan memegang bola di atas kepala dengan kedua tangan.
3. Memegang dan Melempar Bola Lambung dengan Mengayun Lengan
Memegang dan Melempar Bola Mendatar dengan Mengayun Lengan
Melempar Bola Bawah dengan Mengayun Lengan dan Menekuk Kaki
4. a. Memegang dan Melempar Bola Lambung dengan Meluruskan Lengan
b. Memegang dan Melempar Bola Mendatar dengan Mengayunkan Lengan dari Samping
c. Memegang dan Melempar Bola bawah dengan Merendahkan Badan
5.     a.  Kelompok berkumpul di pos peralihan yang berjarak 10 meter. Setiap anggota kelompok berjalan dan berlari melintasi dua tiang bendera.
b.  Pelari pertama berjalan maju dan mundur dengan kombinasi lari menuju tiang bendera. Saat sampai pada papan segitiga pertama, pelari harus berjalan mundur ke awal start. Selanjutnya, pelari pertama berjalan maju menuju papan segitiga kedua, kemudian berjalan mundur ke papan segitiga pertama. Pelari berjalan menuju papan segitiga ketiga dan berjalan mundur ke papan segitiga kedua. Pelari berjalan maju ke papan segitiga keempat dan berjalan mundur ke papan segitiga ketiga. Variasi gerak dasar ini dikombinasikan dengan berlari menuju tiang bendera pada garis finis. Setelah mengitari tiang kedua, pelari pertama kembali ke pos peralihan.
c.  Pelari kedua mulai berlari seperti pelari pertama. Aktivitas ini dilakukan hingga semua anggota kelompok mendapat giliran.
d.  Penilaian dalam aktivitas ini berdasarkan kecepatan dan ketangkasan anggota kelompok.
6. Kombinasi gerak dasar lari dan lompat diambil berdasarkan kecepatan dan ketepatan melompat.
7. Sikap awal berdiri tegak, kemudian salah satu kaki didorong ke depan. Posisi kaki depan ditekuk dan kaki belakang lurus. Lakukan bergantian kaki kiri dan kaki kanan. Selanjutnya, lakukan sikap kuda-kuda belakang. Geser kaki kanan atau kiri ke belakang. Berat badan bertumpu pada kaki belakang. Tumit sebagai tumpuan. Variasi sikap kuda-kuda ini dapat dikombinasikan dengan pukulan. Setelah memukul, pesilat melangkahkan kaki ke depan.
8. Variasi Gerak Nonlokomotor Kuda-Kuda dengan Kombinasi Gerak Lokomotor Tendangan Melangkahkan Kaki
Variasi Gerak Nonlokomotor Sikap Kuda-Kuda dengan Kombinasi Gerak Lokomotor Tangkisan Samping Melangkah Mundur
Variasi Gerak Nonlokomotor Sikap Kuda-Kuda dengan Kombinasi Gerak Lokomotor Hindaran Melangkahkan Kaki Mundur. 
9. Kebugaran jasmani adalah kemampuan melakukan aktivitas tanpa merasa lelah dan masih memiliki tenaga untuk melakukan aktivitas lain dalam waktu lama.
10. Mengurangi risiko cedera saat berolahraga
Dapat menghilangkan ketegangan otot statis. Aktivitas peregangan otot antara lain peregangan otot leher, otot lengan, otot pinggang, serta otot paha dan kaki.
Sendi agar tidak kaku. Aktivitas ini meliputi pelemasan sendi bahu, serta sendi lutut dan
pergelangan kaki.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Soal PJOK Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Semester 1 dan Kunci Jawaban"